Gardening

SAYURAN YANG MUDAH DITANAM DAN BISA PANEN SEPANJANG TAHUN

Hai teman berkebun, kali ini kita akan membicarakan tentang sayuran-sayuran yang mudah ditanam dan bisa dipanen terus menerus sepanjang tahun. Sayur-sayur ini bisa tumbuh kembali tidak lama setelah dipanen sehingga cocok sekali ditanam di kebun kita sebagai stok sayuran hidup ya. Jadi kalau kita bingung kehabisan sayur di kulkas atau ketinggalan belanja mamang sayur, tenang… tinggal petik-petik saja dari kebun.

Sayuran-sayuran yang mudah ditanam ini juga kaya akan gizi loh teman-teman. Apa saja sayuran tersebut? Yuk simak di bawah ini…

GINGSENG JAWA (Talinum paniculatum Gaertn)

Gingseng jawa disebut juga som Jawa. Tanaman ini memiliki daun dan batang yang berair. Daunnya berbentuk tumpul memanjang, tebal berwatna hijau cerah. Bunganya berwarna pink keunguan dan mengasilkan benih hitam kecil seperti benih bayam.

GINGSENG JAWA (Talinum paniculatum Gaertn), som jawa, sayuran yang mudah ditanam
gingseng jawa yang saya tanam di pot, mudah sekali tumbuh

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa daun ginseng jawa mengandung senyawa turunan saponin, alkaloid, tanin, flavonoid, dan senyawa-senyawa lain yang secara fisiologis dapat melancarkan sirkulasi atau peredaran darah pada sistem saraf pusat atau sirkulasi darah pada syaraf tepi. Daun ginseng jawa juga mengandung provitamin A yang cukup tinggi, serat dan beragam mineral penting lainnya. Daun ini juga memiliki efek antiradang karena kandungan flavonoid dan tanin. Senyawa flavonoid berefek mengurangi pembengkakan (anti-tumor), bakterisidal, anti-virus dan anti histamin. Senyawa tanin berefek mendinginkan dan dapat melapisi jaringan di bawahnya, sehingga sel syaraf terlindung dari rangsangan luar yang merugikan [1]. Sedangkan saponin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, mengikat kolesterol, dan bersifat antibiotik. Daun ginseng dapat digunakan untuk meningkatkan produksi ASI, meningkatkan nafsu makan dan sebagai obat bisul [2]

GINGSENG JAWA (Talinum paniculatum Gaertn), som jawa, sayuran yang mudah ditanam
gingseng jawa menghasilkan bunga cantik berwarna pink keunguan

Wah luar biasa ya manfaat gingseng jawa teman-teman. Menanam dan merawat gingseng jawa juga sangat mudah loh. Tinggal kita tancapkan batangnya pada tanah basah lalu disiram dan dirawat di bawah sinar matahari sebagian ataupun full sun. Asal media tanamnya terjaga kelembabannya, gingseng jawa akan tumbuh dengan baik. Pemberian pupuk pun juga tidak perlu banyak. Paling baik gunakan pupuk organik seperti kompos dan POC yang dibuat sendiri.

Bagian tanaman gingseng jawa yang bisa dikonsumsi adalah daun, batang muda, bunga dan akarnya. Daun dan batang muda bisa digunakan untuk tumisan maupun rebusan. Rasanya lembut dan sedikit earthy, ada sensasi tanahnya. Kalau tidak menyukai sensasi ini dapat ditambahkan bahan lain yang beraroma kuat atau perbanyaklah bumbunya. Sedangkan akarnya bisa digunakan untuk tonik penambah kebugaran.

PEPAYA JEPANG / CHAYA (Cnidoscolus aconitifolius)

Pohon papaya jepang dapat tumbuh hingga 6 meter tingginya. Papaya jepang mempunyai daun yang mirip sekali dengan papaya pada umumnya. Ketika batang atau daunnya dipatahkan juga akan mengelurkan getah berwarna putih. Namun begitu, rasa dari daun papaya jepang menurut saya lebih mirip dengan rasa daun singkong dari pada rasa daun papaya biasa. Tidak ada sensasi pahitnya sama sekali dan tekstur daun lebih liat.

PEPAYA JEPANG / CHAYA (Cnidoscolus aconitifolius), sayuran yang mudah ditanam
daun pepaya jepang memang mirip daun pepaya pada umumnya (sumber gambar)

Papaya jepang sering digolongkan sebagai super food (makanan yang kaya nutrisi) karena mengandung beberapa nutrisi diantaranya protein, vitamins, calcium, zat besi, antioksidan, antidiabetes dan antibakteri [3]. Pucuk dan daun papaya jepang digunakan sebagai sebagai obat pencahar, diuretik dan stimulan peredaran darah, untuk meningkatkan pencernaan dan merangsang produksi ASI. Selain itu, daun papaya jepang juga direkomendasikan untuk sejumlah penyakit termasuk masalah pencernaan, obesitas, batu ginjal, wasir, masalah mata, aterosklerosis, batu empedu dan kolesterol tinggi [4].

PEPAYA JEPANG / CHAYA (Cnidoscolus aconitifolius), sayuran yang mudah ditanam
setelah memanen daunnya, kita bisa menanam ulang batangnya

Daun papaya jepang tidak boleh dikonsumsi mentah ya karena mengandung senyawa racun yang berbahaya bagi tubuh kita. Senyawa itu adalah cyanogenic glycoside yang disebut Linamarin yang dapat melepaskan sianida dan aseton [4]. Untuk menghilangkan racun ini, daun papaya jepang harus direbus dulu dengan air mendidih sekitar 15 menit atau lebih.

PEPAYA JEPANG / CHAYA (Cnidoscolus aconitifolius), sayuran yang mudah ditanam
tumis daun pepaya jepang dengan cabai habanero, pedesss

Perbanyakan papaya jepang cukup mudah melalui stek batang. Tinggal kita tancapkan pada tanah basah dan ketika sudah tumbuh dirawat di bawah sinar matahari penuh. Olahan daun papaya jepang favorit saya adalah ditumis dengan teri atau cumi kering. Diberi banyak bumbu seperti lengkuas, sereh, daun salam dan cabai rawit jangan lupa. Gurih-gurih asin sedaappp sekali dimakan bersama nasi hangat dan krupuk. Aduh aduh… ngga tahan hihihiii


BAYAM MALABAR / GENDOLA (Basella alba & Basella rubra)

Gendola adalah tanaman merambat yang memiliki daun berbentuk hati. Ada dua jenis gendola yang umum ditemui, yaitu gendola hijau (Basella alba) dan gendola merah (basella rubra). Keduanya memiliki rasa yang sama menurut saya. Tekstur daunnya ketika dimasak lembut seperti gingseng jawa. Juga terdapat rasa sensasi tanah samar-samar.

BAYAM MALABAR / GENDOLA (Basella alba & Basella rubra), sayuran yang mudah ditanam
gendola merah dan gendola hijau

Gendola mengandung beberapa mineral, protein, minyak, karbohidrat, serat, karotenoid, asam organik, vitamin dan saponin. Selain itu, gendola juga kaya akan kaempferol yang merupakan flavonoid yang melindungi dari penyakit kardiovaskular dan kanker. Tanaman ini juga memiliki senyawa antioksidan dan fenolik. Gendola memiliki efek penyembuhan luka, aktivitas antibakteri dan aktivitas antivirus (terutama yang memiliki batang merah), efek antiinflamasi dan efek antiulser [5, 6].

Kalau saya pribadi suka memakan mentah sebagai lalapan atau ditumis. Kalau diolah menjadi sayur berkuah sebaiknya jangan terlalu lama merebus karena mudah empuk dan hancur.


KANGKUNG (Ipomoea aquatic & Ipomoea reptans)

Kangkung adalah sayuran yang sudah sangat familiar dalam kehidupan kita orang Indonesia. Kangkung mudah sekali dibudidayakan dan memiliki banyak penggemar. Ada 2 jenis kangkung secara umum, yaitu kangkung darat (Ipomoea reptans ) dan kangkung air (Ipomoea aquatic). Kangkung darat biasa dibudidayakan di kebun dan pekarangan rumah sedangkan kangkung air biasanya tumbuh liar di pinggir-pinggir sungai.

KANGKUNG (Ipomoea reptans), sayuran yang mudah ditanam
kangkung darat yang saya tanam secara hidroponik

Kangkung darat mengandung vitamin A, B, C, protein, kalsium, fosfor, sitosterol dan mineral terutama zat besi yang berguna bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh manusia. Vitamin C kangkung darat dapat mencegah dan menyembuhkan sariawan dan gusi berdarah, sebagai antioksidan dan untuk membentuk kolagen, serat, dan struktur protein [7]. Pustaka lain menyebutkan adanya senyawa sitosterol, karotenoid dan hentriakontan. Kangkung juga dapat menurunkan kadar glukosa darah [8]. Bagian daun dimanfaatkan untuk pengobatan bisul, sakit perut, sakit kepala, demam, penyakit kulit, dan sembelit. Kangkung air diketahui mengandung senyawa polifenol, saponin, flavonoid. Bagian akar dimanfaatkan sebagai obat wasir dan cacar [9].

KANGKUNG (Ipomoea aquatic), sayuran yang mudah ditanam
kangkung air (sumber gambar)

Perkembangbiakan kangkung dapat melalui stek batang maupun biji. Menanam dari stek batang sangat mudah tinggal potong tancap saja insyaallah bisa tumbuh. Sedangkan menanam dari benih membutuhhkan waktu kurang lebih 25 sampai 30 hari setelah tanam untuk bisa dipanen. Termasuk cepat untuk ukuran sayur yang ditanam dari benih.

KANGKUNG (Ipomoea aquatic & Ipomoea reptans), sayuran yang mudah ditanam
tumis kangkung nikmat tiada duanya

Menurut saya kangkung mudah sekali dikombinasikan dengan bahan apapun. Bumbunya juga bisa dikreasikan suka-suka, insyaallah rasanya masuk ke lidah Indonesia. Apalagi kalau ditumis dengan terasi atau tauco, waduh… bisa boros nasi seketika ya hihiihi…


DAUN UBI JALAR (Ipomoea batatas)

Ubi jalar masih berkerabat dengan kangkung. Tanaman ini sangat mudah tumbuh di Indonesia, baik dataran rendah maupun dataran tinggi. Perbanyakan ubi jalar bisa melalui mata tunas yang muncul pada umbinya dan bisa juga melalui stek batang. Ubi jalar membentuk umbi sekitar 9 bulan, namun daunnya bisa dipanen kapanpun siap.

DAUN UBI JALAR (Ipomoea batatas), sayuran yang mudah ditanam
ubi jalar saya tanam di pot cukup cepat pertumbuhannya

Daun ubi jalar selain mengandung vitamin, mineral, dan serat juga kaya akan antioksidan yang berperan dalam penurunan kadar kolesterol. Antioksidan yang berperan adalah golongan senyawa fenolik dan flavonoid. Zat aktif polifenol dan flavonoid tersebut memiliki berbagai manfaat seperti sebagai antioksidan, antimutagenik, antiinflamasi, dan antikarsinogenik [10].

Olahan daun ubi jalar yang terkenal dan merupakan fovorit saya adalah brambang asem khas Solo. Daun ubi jalar direbus lalu disajikan Bersama tempe gembus bacem dan sambal asam bawang gula merah yang super pedas. Aduuhh… ngga kuat deh, ngileeerrrr….
Selain direbus, daun ubi jalar dapat ditumis maupun dijadikan sayur lodeh dan sayur asem. Apa oalahan daun ubi favorit teman-teman?

DAUN UBI JALAR (Ipomoea batatas), brambang asem
brambang asem adalah olahan daun ubi jalar favorit saya

KALE (Brassica oleracea)

Tanaman ini bukan sayuran asli Indonesia, mungkin beberapa orang belum pernah melihat atau mengkonsumsi kale. Namun akhir-akhir ini di supermarket besar sudah mulai banyak tersedia kale. Begitupun penghobi berkebun juga mudah mendapatkan benihnya di marketplace. Sebenarnya kale adalah tanaman semusim, namun beberapa jenis bisa dirawat sebagai tanaman menahun. Diantaranya jenis nero kale dan curly kale.

nero kale
nero kale bisa tumbuh beberapa tahun jika dirawat dengan baik

Kale disebut juga queen of vegetables dan termasuk super food karena nutrisi yang terkandung sangat tinggi. Kale kaya akan vitamin K, C, A, B6, karotenoid, folat, serat, dan magnesium [11].
Kale dapat diperbanyak dengan menanam benihnya dan juga stek dari anakan yang tumbuh di batang-batangnya.

curly kale
jus curly kale dan nanas, segarrrr sekali

Tekstur kale agak liat seperti daun singkong namun kale tidak mengandung racun jika dikonsumsi mentah. Oleh karena itu kale banyak digunakan sebagai bahan jus hijau. Olahan yang dapat dibuat dengan bahan kale adalah sayur lodeh, tumisan, bakwan, keripik, dan juga sebagai pewarna pada mie hijau.

Nah teman-teman, itu dia beberapa sayuran yang mudah ditanam dan bisa kita panen sepanjang tahun. Sebenarnya masih banyak jenis sayuran menahun yang lain. Apa sayuran menahun favorit teman-teman yang sudah ditanam di kebun? Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya…

Referensi:

[1] Lydia Ninan Lestario, Anggelia Essi Christian, & Yohanes Martono. Aktivitas Antioksidan Daun Ginseng Jawa (Talinum paniculatum Gaertn). AGRITECH, Vol. 29, No. 2, Juli 2009.
[2] Aila Ikhtimami. Pengaruh Periode Subkultur Terhadap Kadar Saponin Akar Rambut Tanaman Ginseng Jawa (Talinum paniculatum Gaertn.). Skripsi. Universitas Airlangga.
[3] A. Kuri-García, J. L. Chávez-Servín & S. H. Guzmán-Maldonado. Phenolic profile and antioxidant capacity of Cnidoscolus chayamansa and Cnidoscolus aconitifolius: A review. Journal of Medicinal Plants Research. Vol. 11(45), pp. 713-727, 3 December, 2017. DOI: 10.5897/JMPR2017.6512.
[4] Otitolaiye C. A. & Asokan C. GC-MS. Analysis of Cnidoscolus aconitifolius Leaf Aqueous Extracts . International Journal of Science and Research (IJSR). Volume 5 Issue 8, August 2016.
[5] Acikgoz FE & Adiloglu S. (2018). A Review on a New Exotic Vegetable for Turkey: Malabar Spinach (Basella alba L. or Basella rubra L.). J Hortic 5: 239. doi: 10.4172/2376-0354.1000239.
[6] 100 Plus Herbal Indonesia : Bukti Ilmiah dan Racikan. Vol 11. HTTPS://www.trubus-online.co.id.
[7] Adhelia Syefanis, Elly Proklamasiningsih & Iman Budisantoso. Pertumbuhan dan Kandungan Vitamin C Tanaman Kangkung Darat (Ipomoea reptans Poir) pada Media Zeolit dengan Penambahan Asam Humat. BioEksakta: Jurnal Ilmiah Biologi Unsoed Volume 1, Nomor 2 (2019): 61-64 E-ISSN: 2714-8564.

[8] Helminawati. Uji efek Antihiperglikemia Infusa Kangkung Darat (Ipomoea Reptans Poir) Pada Mencit Swiss Jantan Yang Diinduksi Streptozotocin. Khazanah, Vol.Ivno. 1 Juni 2011.
[9] Komar Ruslan Wirasutisna, As’ari Nawawi, dan Nurma Sari. Telaah Fitokimia Daun Kangkung Air (Ipomoea aquatic Forsskal). Acta Pharmaceutica Indonesia, Vol. XXXVII, No. 2, 2012.
[10] Nidya Witosari. 2014. Pengaruh Pemberian Jus Daun Ubi Jalar (Ipomoea Batatas (L.) Lam) Terhadap Kadar Kolesterol Total Tikus Wistar Jantan (Rattus Norvegicus) Yang Diberi Pakan Tinggi Lemak. Skripsi. Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang.
[11] The Nutrition Source: Kale.

10 Comments

  • Pipit

    Trimakasih banyak infonya mbk, terutama utk pepaya jepang sy punya banyak tp ngak berani makan malahan banyak uda ditebang/buang tp masih tumbuh lg, sekarang sy mau coba makan krn uda tau cara ngolahnya trimakasih

    • MGB GARDEN

      efeknya bisa bikin keracunan kalau kebanyakan karena mengandung sianida. Bisa baca referensi yang ada di bawah atau dari sumber lain kalau kurang yakin. Saran saya berhati-hati lebih baik 🙂

    • Londo Ireng

      Suka banget saya sama pepaya jepang, tekstur nya gabungan antara daun singkong dan daun pepaya namun agak lunyu2 gitu ya, biasa saya rebus lalu dicocol sambel terasi wuenakkk puolll, kadang dibikin bala2 gitu, namun kata orang tua sini jgn terlalu banyak meski sudah diolah katanya bisa menyebabkan keropos tulang, entah benar atau tidak saya sendiri tidak menemukan fakta tsb setelah browsing. Dan mungkin kandungan sianida yg disebutkan di atas yg bikin ikan gurame om saya pada mati ya krn sering sekali diberi pakan daun pepaya jepang. Entahlah…

      • MGB GARDEN

        sepertinya tidak ya, pepaya jepang malah mengandung kalsium. Memang kita harus cross check informasi dr sumber terpercaya karena mitos seputar tanaman itu banyaakkkk sekali. thanks for sharing!

  • I KETUT SUYADNYA

    Selamat pagi. Semoga semua sehat dan bahagia atas karunia Tuhan Yg Maha Esa. Terima kasih infonya mengensi sayuran diatas. Di Mana Saya bisa mendapatkan bibit/being ginseng jaws dan kale. Yg lain ada di Denpasar. Bahkan pepaya jepang sdh biasa kami pakai. Karena kami sdh menanam ya. Ttg genola info baru bagi Saya, bhw ini bisa dipakai sayur atau bisa di maka. Selamat ini saya kira genola ini hanya merupakan tanaman has saja. Terima kasih.

    • MGB GARDEN

      sama-sama pak.. gingseng jawa banyak ditemukan di tukang sayur, mungkin di pasar tradisional juga ada. Kalau kale beli benihnya di marketplace (tokopedia, shopee, bukalapak dll)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *