Uncategorized

14 DAUN LALAPAN UNIK

1. DAUN MANGGA MUDA
Daun mangga muda beraroma wangi khas buah manga yang segar. Selain wangi, ada rasa sedikit asam dan sedikit pahit. Pilih daun pucuk termuda agar tidak terlalu pahit. Oh ya, kita juga perlu berhati-hati dengan getahnya sebelum mengkonsumsinya. Bagi yang tidak tahan, getahnya dapat menimbulkan gatal-gatal di bibir.

daun muda pohon mangga


2. DAUN KEDONDONG MUDA
Mirip seperti daun mangga, daun kedondong muda juga mempunyai rasa yang asam dan segar. Selain dimakan mentah sebagai lalapan, daun kedondong juga dapat digunakan sebagai bumbu masakan seperti sayur asam, lempah ikan, dan gulai.

pucuk daun kedondong


3. DAUN MENGKUDU MUDA
Buah mengkudu memang terkenal memiliki segudang khasiat bagi manusia. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, daunnya juga dapat dikonsumsi sebagai sayuran. Tidak seperti buahnya yang beraroma dahsyat, daun mengkudu aromanya cenderung netral. Daun mengkudu muda rasanya pahit dan sedikit liat. Selain dapat dikonsumsi mentah, daun mengkudu juga sedap dimasak salah satunya yang terkenal adalah nasi goreng daun mengkudu. Hmm.. sedap.. berani mencoba?

daun mengkudu muda


4. DAUN JAMBU MEDE
Pucuk daun jambu mede atau jambu mete umum dijadikan lalapan oleh urang Sunda. Rasa daun jambu mede sepat dan memiliki aroma wangi yang khas.


5. DAUN PEPAYA MUDA
Daun pepaya muda biasa dipasangkan dengan daun jambu mede. Menurut urang Sunda, rasa pahit dari daun papaya dan sepat dari daun jambu mede saling melengkapi. Pucuk daun pepaya tidak sepahit daun pepaya yang lebih tua.


6. DAUN MURBEI
Umumnya kita mengetahui bahwa daun murbei adalah pakan dari ulat sutera. Namun siapa sangka, daun murbei juga dapat dikonsumsi oleh manusia. Daun murbei rasanya tawar dan ada aroma berry yang tipis. Tekstur daunnya tipis dan tidak berdaging.

daun murbei muda


7. DAUN ROSELLA
Daun rosella memiliki rasa asam yang cukup kuat. Sensasi asam segarnya berpadu harmonis jika disandingkan dengan sepiring ikan goreng dan sambal terasi. Selain dapat dikonsumsi mentah sebagai lalapan, daun rosela juga dapat ditumis dan dicampur sayur asam.

daun rosella muda rasanya asam


8. DAUN SINTRONG
Daun sintrong memiliki aroma khas seperti daun kenikir. Tumbuhan sintrong sering tumbuh liar di pekarangan. Bentuk bunganya yang ringan seperti kapas mudah tertiup angin sehingga benihnya tersebar kemana-mana. Daun sintrong nikmat sekali dikonsumsi mentah sebagai lalapan dan juga direbus sebagai pecel.

daun sintrong favorit saya


9. DAUN TESPONG atau SELADREN (Oenanthe javanica)
Secara penampilan fisik, sekilas daun tespong mirip dengan daun seledri. Maka tidak heran jika daun tespong memiliki nama lain daun seladren. Perbedaan dengan seledri terutama pada aroamanya yang tidak sekuat seledri. Kemudian, jika seledri merupakan tanaman biennial, tespong merupakan tanaman perennial.

daun tespong atau seladren


10. DAUN PEGAGAN TANAH / ANTANAN (Cantella asiatica)
Selain dijadikan lalapan bisa diolah menjadi keripik seperti keripik bayam. Rasa daun pegagan tanah segar sedikit pahit. Tumbuhan ini memiliki banyak manfaat bagi Kesehatan diantaranya mengurangi peradangan dan mencegah penyakit kanker.

daun pegagan tanah atau antanan


11. DAUN KENCUR MUDA
Kencur merupakan tanaman rimpang yang mudah ditumbuhkan dan memiliki beragam khasiat. Selain rimpangnya yang biasa diolah menjadi bumbu masak dan jamu, ternyata pupus daunnya juga sedap sekali digunakan sebagai lalapan maupun campuran urap.

daun kencur aromanya sedap sekali


12. DAUN SAMBUNG NYAWA (Gynura procumbens)
Daun sambung nyawa berair, mudah patah, punya bulu-bulu halus di permukaan daun dan tekstur daunnya tebal berdaging. Rasa daun sambung nyawa cenderung netral dan beraroma sedikit wangi.
DAUN DEWA (Senecio divaricatus)
Daun dewa bertekstur tebal dan berair. Di permukaan daunnya ditimbuhi bulu-bulu halus yang cukup banyak.

daun sambung nyawa


13. DAUN SALAM (Eugenia polyantha Wight / Eugenia lucidula Miq.)
Daun salam juga dapat digunakan untuk menghentikan buang air besar yang berlebihan. Pohon salam bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, gatalgatal, dan kencing manis (KloppenburgVersteegh, 1983). Daun salam yang masih muda dapat dikonsumsi sebagai lalapan segar. Rasanya sepat dan sedikit pahit. Namun demikian tidak seintens rasa daun yang sudah tua.

pucuk daun salam


14. DAUN KENIKIR (Cosmos sulphureus dan Cosmos caudatus)
Daun kenikir yang dapat dikonsumsi jenis kenikir bunga ungu dan bunga kuning. Namun yang paling sering ditemui di pasaran jenis yang berbunga ungu. Daun kenikir memiliki aroma wangi yang khas.

cosmos sulphureus dan cosmos caudatus

Leave a Reply

Your email address will not be published.